Kamis, 28 Januari 2010

2010, Tol Pekanbaru-Dumai Dibangun

2010, Tol Pekanbaru-Dumai Dibangun

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Riau bersama pemerintah pusat akan segera merealisasikan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 134 kilometer. Realisasi pembangunan jalan tol itu bakal dimulai pada 2010 mendatang, dan pada 2009 ini akan dilakukan pembebasan lahan, yang akan menjadi tanggung jawab masing-masing kabupaten/kota.
Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP, usai pertemuan dengan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Selasa (27/1) mengatakan, pembebasan lahan ini diharapkan sudah tuntas dalam tahun 2009 ini juga. Karenanya, diharapkan dalam APBD Perubahan nanti, masing-masing daerah sudah menganggarkan dana untuk pembebasan tersebut.
‘’Ada empat daerah yang akan terlibat dalam pembangunan jalan tol ini masing-masing Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Bengkalis dan Kota Dumai. Dalam satu atau dua hari ini akan menggelar rapat dengan keempat daerah tersebut guna mematangkan persiapan pembangunan khususnya dalam pembebasan lahan,’’ ujar gubernur.
Menurut gubernur lagi, pemerintah pusat sudah menantang Riau untuk membangun jalan tersebut dan bahkan pemerintah pusat meminta agar tahun 2009 ini pembangunan itu sudah dilakukan, namun hal itu tidak memungkinkan karena anggaran sudah tersusun. Karenanya akan diupayakan dalam APBD-P nanti anggaran pembangunan jalan tol ini akan dianggarkan. Tahun sebelumnya, Pemprov Riau sudah juga menganggarkan dana untuk pembangunan jalan tersebut sebesar Rp6 miliar, namun anggaran itu tidak bisa digunakan dan akhirnya dikembalikan ke kas daerah.
Menurut gubernur lagi, bagi Riau pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai ini sangat penting sekali, ini dilakukan untuk mempercepat laju investasi. Investasi adalah hal yang sangat penting, tidak ada daerah atau negara yang akan berkembang tanpa masuknya investasi.
‘’Tidak ada gunanya kekayaan yang dimiliki Riau jika sarana infrastrukturnya tidak baik dan bagus. Mudah-mudahan dengan adanya jalan tol ini akan memacu pertumbuhan investasi dan dengan demikian akan meningkatkan kesejahteraan rakyat,’’ tutur gubernur.(uli)

2 komentar:

EDWIN OSCAR mengatakan...

Untuk apa jalan TOL, jalan dalam kota aja banyak kubangan babi hutan..contohnya saja Jalan Unggas dekat MTSN Simp. Tiga Pekanbaru banyak warga mengeluhkan jalan ini tidak dihiraukan.

hendra asril mengatakan...

dengan menjabat nya pak firdaus menjadi walikota pekanbaru, semoga semua perencana an pemerintah daerah akan terlaksana dengan baik.

RENCANA JEMBATAN SELAT MALAKA

RENCANA JEMBATAN  SELAT  MALAKA
SUMATERA - MALAKA

Jembatan

Jembatan
FOTO JADI TELUK MESJID

FLYOVER

FLYOVER
Rencana Pembangunan Fly-over Jln.Sudirman Simpang Harapan Raya